Minggu, 06 Mei 2012

Multitouch gesture IPad



MAKALAH KOMPUTER
MULTIGESTURE





Di Susun Oleh :
Handini Liesnandari
A.101.15.019
1A.1



AKADEMI ANALIS KESEHATAN NASIONAL SURAKARTA
TAHUN AKADEMIK 2011/2012

A.  Pengetian Multigesture
Multigesture atau multi-touch gesture mengacu pada touch sensing (permukaan atau layar sentuh ) yaitu kemampuan untuk mengenali adanya dua atau lebih titik kontak dengan permukaan. Kesadaran jamak-poin yang sering digunakan untuk mengimplementasikan fungsionalitas canggih seperti pinch to zoom atau mengaktifkan program standar.  Dalam upaya klasifikasi berbagai perusahaan mendefinisikan multi-touch sebagai kemampuan layar sentuh untuk mendaftarkan tiga atau lebih posisi yang berbeda. Multi-touch atau multigesrure pada dasarnya adalah seperangkat teknik interaksi yang memungkinkan pengguna komputer untuk berinteraksi dan mengontrol aplikasi grafis dengan jari dengan lebih mudah.
Synaptics touchpad biasanya ditemukan pada laptop, iPad, iPhone dll. Pada laptop synaptics menyentuh bantalan tidak datang dengan fitur multi-touch secara default. Kemampuan gerakan Multi-Touch yang ada merupakan fitur tersembunyi. Namun, dengan penggunaan driver yang lebih baru dan touch pad-kompatibel, kita dapat mengaktifkan gerakan multi-jari pada laptop.
Bagi pemilik MacOS X Lion, tentu sudah biasa dengan multi gesture. Apple sebenarnya juga menyertakan fitur ini di iOS 5 untuk iPad, namun karena marketing gimmick, mereka mematikan fungsinya bagi iPad, dan hanya memunculkannya untuk iPad 2. Padahal fitur ini sangat membantu. Anda tidak perlu lagi menekan tombol Home. Untuk mengakses bar multitasking misalnya, cukup dengan menyapukan empat jari ke atas. Lalu ke arah kanan dan kiri untuk berpindah antar aplikasi yang aktif. Dan melakukan pinch lima jari untuk kembali ke layar Home. Kita bisa menyalakan kembali fitur ini. Namun dengan 2 syarat, iPad Anda harus sudah memakai iOS 5 dan sudah dalam kondisi ter-jailbreak.
B.  Sejarah Multigesrure
Awal teknologi touchscreen saling dikembangkan di CERN pada tahun 1977 didasarkan pada layar sentuh kapasitansi yang dikembangkan pada tahun 1972 oleh insinyur elektronik Denmark Stumpe Bent. Teknologi ini digunakan untuk mengembangkan jenis baru antar muka mesin manusia (HMI) untuk ruang kontrol Proton Synchrotron super akselerator partikel. Teknologi multi-touch dimulai pada 1982, ketika Universitas Toronto Grup Masukan Research mengembangkan manusia-input multi-touch pertama sistem. Sistem yang digunakan sebuah panel kaca buram dengan kamera ditempatkan di belakang kaca. Ketika jari atau jari menekan beberapa di atas kaca, kamera akan mendeteksi tindakan sebagai satu atau lebih bintik hitam pada latar belakang putih sebaliknya, memungkinkan untuk didaftarkan sebagai masukan. Karena ukuran titik tergantung pada tekanan (seberapa keras orang itu menekan pada kaca), sistem ini agak tekanan-sensitif juga.
Pada tahun 1983, Bell Labs di Murray Hill menerbitkan sebuah diskusi komprehensif layar sentuh antar muka berbasis. Pada tahun 1984, Bell Labs direkayasa layar sentuh yang bisa mengubah gambar dengan lebih dari satu tangan. Pada tahun 1985, University of Toronto kelompok termasuk Bill Buxton mengembangkan tablet multi-touch yang digunakan kapasitansi besar daripada kamera berbasis sistem penginderaan optik. Perusahaan FingerWorks mengembangkan berbagai teknologi multi-sentuh antara tahun 1999 dan 2005, termasuk keyboard TouchStream dan Pad iGesture. Beberapa studi teknologi ini diterbitkan pada awal tahun 2000 oleh Alan Hedge, profesor dan ergonomi di Cornell University. Apple mengakuisisi FingerWorks dan multi-sentuhan teknologi pada tahun 2005. Papan utama untuk teknologi multi touch terjadi pada 2007 ketika iPhone mendapatkan popularitas, dengan Appel menyatakan bahwa mereka “menciptakan multi touch” sebagai bagian dari pengumuman iPhone.
C.  Implementasi atau Penerapan
Multigesture telah diimplementasikan dalam beberapa cara berbeda, tergantung pada ukuran dan jenis antarmuka. Bentuk yang paling populer adalah


Ö  Perangkat mobile
Ö  Tablet
Ö  Touchtables
Ö  iPhone 4
Ö  iPhone 3GS
Ö  iPad 1
Ö  iPad 2
Ö  iPod touch 3G

Ö  iPod touch


D.  Multigesture pada Laptop pada bantalan sentuh Synaptics
Kemampuan gerakan Multigesture pada laptop ada, tetapi fiturnya tersembunyi. Namun, dengan penggunaan driver yang lebih baru dan touch pad-kompatibel, kita dapat mengaktifkan gerakan multi-jari pada laptop.
Driver baru datang dengan pilihan untuk mengaktifkan dukungan multi-touch sebagai pilihan dalam dialog pengaturan. Dengan mengaktifkannya kita kemudian dapat menggunakan tiga jari untuk menggulir teks, mencubit jari untuk mengubah ukuran dan dua-jari memutar.
Driver sendiri berasal dari HP, namun pengguna telah mengkonfirmasikan bahwa setiap laptop OEM lain selama sistem berjalan Windows XP, Windows Vista atau Windows 7.
Berikut langkah-langkah untuk menginstal driver baru dan memungkinkan bahwa fungsi multi-touch, catatan apabila proses menginstal tidak berjalan lancar dan terdapat kesalahan mungkin kita  justru memerlukan mouse eksternal. Periksalah apakah kita memiliki touchpad Synaptics dengan cara pergi ke Control Panel, kemudian Mouse Perangkat Keras. Restart komputer untuk meng-upgrade driver caranya:
1.   Uninstall driver Synaptics Anda saat ini melalui Add / Remove Programs (Windows XP) atau Program dan Fitur (windows Vista / windows 7) di Control Panel. Anda akan perlu untuk meng-uninstall Synaptics Menunjuk Device Driver.
2.   Restat komputer.
3.   Download driver HP melalui HardwareZone . Jalankan install setelah download.
4.   Menginstal driver.
5.   Bila diminta, restart komputer lagi.
6.   Instalasi driver selesai.

E.  Multigesture pada iPad dan iPhone
MacOS X Lion, tentu sudah biasa dengan multi gesture. Apple sebenarnya juga menyertakan fitur ini di iOS 5 untuk iPad, namun karena marketing gimmick, mereka mematikan fungsinya bagi iPad, dan hanya memunculkannya untuk iPad 2. Padahal fitur ini sangat membantu. Kita  tidak perlu lagi menekan tombol Home. Untuk mengakses bar multitasking misalnya, cukup dengan menyapukan empat jari ke atas. Lalu ke arah kanan dan kiri untuk berpindah antar aplikasi yang aktif. Dan melakukan pinch lima jari untuk kembali ke layar Home.
Untuk mengaktifkan multigestur pada iPad dan iPhone ada cara yang dapat dilakukan tanpa harus melakukan jailbreakpada perangkat IOS pada iPad dan iPhone. Beberapa hal yang harus disiapkan antara lain:
*      iTunes versi 10.2.1
*      iPad dengan iOS 4.3 atau 4.3.1
*      iBackupBot yang dapat diperoleh dengan gratis
Prosedur yang dilaksanalan yaitu:
1.   Nyalakan iTunes di PC dan sambungkan iPad kalian, kemudian tunggu hingga iTunes membaca iPad tersebut.
2.   Dalam iTunes, klik kanan pada nama iPad kalian dan pilih Back Up. Setelah proses back up selesai, tutup iTunes kalian dan buka iBackupBot
3.   Di dalam iBackupBot tadi, pilih backup terbaru yang ada di iPad kalian, kemudian double klik ibrary/Preferences/com.apple.springboard.plist (biasanya item ini ada di list paling bawah).
F.  Gerakan Multigesture
1.   Gunakan dua jari dan menggesek mereka bersama-sama untuk flip halaman dokumen pdf, flip melalui halaman web.

2.   Menggesekkan tiga jari ke atas bersama-sama untuk mengakses bar multitasking

3.   Menggesekkan tiga ke kanan atau ke kiri  untuk berpindah antar aplikasi yang aktif

4.   Gulir halaman web atau dokumen dengan menukar dua jari.

5.   Tekan dua kali mouse pad untuk memperbesar dokumen, gambar dll untuk melakukan gerakan ini.
6.   Zoom In dan Zoom Out dokumen dengan mencubit pada pad mouse.
G. Kelebihan Penggunaan Multigestur
Penggunaan multigesture pada beberapa teknologi seperti iPad, iPhone, laptop dll, memiliki kelebihan antara lain:
1.   Membantu serta mempermudah penguna dalam melakukan gerakan misalnya untuk zoom in dan zoom out dapat dilakukan dengan mencubit pada pad mouse.
2.   Dapat melakukan lebih dari satu gerakan pada touchpad.
3.   Tidak perlu lagi press dan double press physical home button
H.  Kekurangan Penggunaan Multigestur
Penggunaan multigesture pada beberapa teknologi seperti iPad, iPhone, laptop dll, di samping memiliki kelebihan ternyata juga memiliki kekurangan antara lain:
1.   Fitur multigestur belum dapat dinikmati pada setiap teknologi.
2.   Proses untuk mengaktivkan multigestur pada iPad atau iPhone masih sangat rumit.
3.   Pada laptop apabila proses menginstal tidak berjalan lancar dan terdapat kesalahan mungkin kita  justru memerlukan mouse eksternal.

DAFTAR PUSTAKA

http://www.lovefortech.com/2011/05/22/multi-gesture-on-ipad/ [Di unduh pada jumat, 18 November 2011]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar